Sabtu, 06 Agustus 2022

Informatika dan Pembelajarannya 8C_04_Antares Radja Aditama

Informatika dan Pembelajarannya

     Informatika sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari kita di era digital ini. Kurikulum merdeka menghadirkan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) sebagai mata pelajaran wajib untuk menanggapi kemajuan teknologi di Indonesia. Berpikir komputasional merupakan salah satu elemen dalam TIK yang dalam keseharian banyak contoh nya, bahkan tanpa kita sadari.

    Permainan juga tidak luput dari ilmu berpikir komputasional. Permainan yang dimainkan di komputer (online) maupun tidak, pasti menggunakan berpikir komputasional. Decomposing, Pattern recognition, Abstraction, dan Algorithms melekat pada kehidupan sehari-hari dan permainan.

    Catur merupakan permainan dengan penerapan berpikir komputasional yang kuat. Membutuhkan strategi, perhitungan, sampai mental saat mencari pemenang. Faktor-faktor ini juga merupakan alasan saya suka dengan catur. Permainan yang dimainkan dua orang ini sangat asik dan seru untuk dimainkan.

    Catur sekarang tidak hanya dimainkan melalui papan, tetapi ada juga versi online nya. Dengan ini maka permainan catur tidak hanya dimainkan di papan, namun di gadget pun bisa. Lawan nya juga adalah orang diseluruh dunia atau bisa juga melawan bot. Teknologi memudahkan segala nya, mau itu kegiatan sehari-hari atau pun permainan seperti ini yang bisa dimainkan di mana pun dan kapan pun.



    Hubungan permainan dengan Informatika terutama berpikir komputasional memang sangat berhubungan satu sama lain. Bisa dilihat dari permainan catur di atas bahwa elemen elemen berpikir komputasional yang sudah dipelajari, sangat digunakan di dalam permainan. Tidak hanya catur, tetapi seluruh permainan... bahkan seluruh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan ilmu tersebut.

Pertanyaan Reflektif :

  1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemn tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Ya, bisa

  2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu! Belajar tentang excel

  3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII? Ya, contohnya seperti membuat tabel di excel, membuat tugas presentasi menggunakan aplikasi-aplikasi untuk membuat laporan, dan memahami jaringan komputer.

  4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting? Elemen tentang berpikir komputasional, komputer, dan pemrograman.

  5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII.  Saat di kelas VII, kita sudah belajar tentang Berpikir komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), excel, dan Scratch.

    Yang saya ketahui :
  1. Berpikir Komputational (BK)? Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer.
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)? TIK adalah semua bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirim kan, menyimpan, menciptakan, membagikan, atau mempertukarkan informasi. 
  3. Sistem Komputer (SK)? Merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu. Perangkat keras (hardware) adalah komponen isik dari komputer dan perangkat lunak (software) adalah program yang berjalan di perangkat keras tersebut.
  4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)? Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, iber optik, atau media tanpa kabel (wireless). 
  5. Analisis Data (AD)? Proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis. 
  6. Algoritma dan Pemrograman (AP)? Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
  7. Dampak Sosial Informatika (DSI)? Suatu pengaruh studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial dan organisasi.
  8. Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika? Konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pekerjaan maupun pengembangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni

    

    


1 komentar:

RANGKUMAN BAB 9 PRAKTIK LINTAS BIDANG 8C_04_ANTARESS RADJA ADITAMA

RANGKUMAN BAB 9 PRAKTIK LINTAS BIDANG Artefak merupakan kata serapan dari bahasa Latin: arte factum, arti secara harfiah yaitu "dibuat ...